Frequently Asked Question


AJI-NO-MOTO®


1. AJI-NO-MOTO® terbuat dari apa?

AJI-NO-MOTO dibuat dari bahan-bahan alami seperti tebu, singkong, jagung, gandum, beras dan sagu. Di Indonesia AJI-NO-MOTO dibuat dari tetes tebu dan singkong.

2. Bagaimana proses AJI-NO-MOTO® di buat ?

AJI-NO-MOTO terbuat dari sari tetes tebu atau tepung tapioka. AJI-NO-MOTO dibuat melalui proses fermentasi dengan menggunakan mikroba. Proses fermentasi adalah proses yang sama seperti pembuatan pada kecap, keju atau tape. Dalam proses fermentasi ini, pertama-tama glukosa yang terdapat pada tetes tebu atau tepung tapioka diubah oleh mikroba secara fermentasi menjadi asam glutamat. Kemudian asam glutamat diubah menjadi kristal MSG(Monosodium Glutamat) dan dimurnikan sehingga terbentuk kristal murni yang siap dijual.Proses-proses yang terjadi setelah didapatkan asam glutamat adalah proses yang umum terjadi pada proses pembuatan gula pasir atau minyak goreng.Selama beberapa puluh tahun, telah dilakukan penelitian - penelitian mengenai keamanan MSG oleh para ilmuwan. Sehingga badan-badan kesehatan diseluruh dunia, termasuk Departemen Kesehatan Indonesia, sudah mengakui MSG sebagai bahan yang sangat aman dan tidak memiliki efek samping.Silahkan gunakan AJI-NO-MOTO untuk membuat makanan menjadi lebih enak tanpa perlu khawatir.

3. Apakah AJI-NO-MOTO®(MSG) itu berbahaya untuk tubuh

AJI-NO-MOTO (MSG) tidak berbahaya untuk tubuh manusia.Ada tiga alasan utama, yaitu: 1. AJI-NO-MOTO (MSG) terbuat dari hasil fermentasi bahan alami. 2. Makanan kita secara alami juga mengandung MSG.(MSG adalah singkatan dari Mono Sodium Glutamat). Masyarakat umumnya mengenal sebagai mecin / micin. 3. Tubuh kita mencerna MSG secara cepat. Selama beberapa puluh tahun, telah dilakukan penelitian - penelitian mengenai keamanan MSG oleh para ilmuan. Sehingga badan - badan kesehatan di seluruh dunia, termasuk Departemen Kesehatan Indonesia, sudah mengakui MSG sebagai bahan yang sangat aman dan tidak memiliki efek samping.Silahkan gunakan AJI-NO-MOTO untuk membuat makanan menjadi lebih enak tanpa perlu khawatir.

4. Apakah AJI-NO-MOTO mengandung formalin / bahan pengawet ?

AJI-NO-MOTO tidak mengandung bahan pengawet, daya tahan produk AJI-NO-MOTO dikarenakan produknya berbentuk kristal kering maka kandungan airnya sangat kecil sehingga mikroba tidak dapat tumbuh. Namun demikian tidak semua bahan pengawet ini berbahaya, beberapa bahan pengawet makanan yang sudah disetujui oleh BPOM aman untuk digunakan dan dikonsumsi.

5. Apa yang dimaksud dengan UMAMI ?

Umami adalah kata dalam bahasa Jepang yang secara Internasional dipakai untuk menggambarkan rasa gurih, yang dihasilkan oleh protein seperti protein pada kaldu. Rasa umami adalah rasa kelima selain rasa manis , asin, pahit dan asam. Sumber rasa umami dalam AJI-NO-MOTO adalah asam amino glutamat yang juga terkandung dalam bahan makanan. AJI-NO-MOTO dikatakan sebagai sumber rasa umami karena asam glutamat merupakan komponen utama penyusun AJI-NO-MOTO.

MASAKO®


1. MASAKO terbuat dari apa ?

Masako dibuat dengan perpaduan tepat antara ekstrak daging ayam/sapi dari daging segar berkualitas yang di produksi di pabrik sendiri dan juga campuran bumbu serta rempah pilihan sehingga memberikan rasa dan aroma masakan dari daging asli sama seperti kaldu buatan di rumah.

2. Apakah MASAKO dibuat dari daging asli ?

Benar. MASAKO memang dibuat dengan daging asli serta rempah dan bumbu - bumbu pilihan. Pada Proses pengolahan dipabrik, daging tersebut dikeringkan menjadi ekstrak daging kemudian dicampur dengan bumbu lainnya, lalu dikemas dengan cara yang higienis. Dengan paduan komposisi bahan-bahan yang sempurna tersebut membuat rasa MASAKO menjadi lezat dengan rasa dan aroma dari daging asli sama seperti kaldu buatan rumah.Apabila anda ingin lebih jelas, silahkan mengunjungi website kami di ajinomoto.co.id.

3. Apakah MASAKO punya efek samping ?

Aman dikonsumsi karena terbuat dari bumbu dan rempah-rempah yang dicampur dengan komposisi yang sempurna serta kaldu dari ekstrak daging ayam / sapi yang diproduksi dipabrik sendiri. Sudah diperiksa dan disetujui oleh BPOM(Badan Pengawas Obat & Makanan)

4. Apakah MASAKO mengandung pengawet ?

MASAKO tidak mengandung bahan pengawet, daya tahan produk MASAKO dikarenakan produknya berbentuk bubuk kering dan dikemas dengan bahan pengemas yang sesuai sehingga mikroba tidak dapat tumbuh. Namun demikian tidak semua bahan pengawet itu berbahaya, beberapa bahan pengawet makanan yang sudah disetujui oleh BPOM aman untuk digunakan dan dikonsumsi.

5. Apakah MASAKO bisa dimakan secara langsung ?

MASAKO merupakan bumbu kaldu yang terbuat dari bumbu dan rempah alami, serta ekstrak daging asli pilihan, sehingga MASAKO aman dikonsumsi secara langsung. Namun fungsi MASAKO sebagai bumbu masak akan lebih terasa jika digunakan pada saat memasak, karena dapat membuat masakan lebih kaya rasa dan lebih nikmat.

SAJIKU®


1. Komposisi Sajiku Tepung Bumbu 80 gr

Tepung gandum, tepung tapioka, garam, penguat rasa (mononatrium glutamat, dinatrium 5 inosinat & dinatrium 5 guanilat), perisa identik alami (merica, bawang putih), bawang merah, bawang putih, pengembang natrium bikarbonat, merica, bubuk kari.

2. Apakah SAJIKU aman dikonsumsi setiap hari ?

SAJIKU aman untuk tubuh kita, karena SAJIKU Tepung Bumbu terbuat dari tepung gandum & tepung tapioka pilihan yang dicampur dengan bumbu / rempah-rempah asli yang telah dikeringkan,sehingga aman untuk tubuh .

3. Apakah SAJIKU ada efek samping / berbahaya untuk tubuh ?

SAJIKU aman untuk tubuh kita, karena : 1. SAJIKU Tepung Bumbu terbuat dari tepung gandum & tepung tapioka pilihan yang dicampur dengan bumbu / rempah-rempah asli yang telah dikeringkan,sehingga aman untuk tubuh . 2. SAJIKU RTUS terbuat dari campuran bumbu / rempah-rempah asli yang telah dikeringkan,sehingga aman untuk tubuh.

4. STB bisa dipakai untuk apa saja ?

SAJIKU Tepung Bumbu adalah bumbu praktis siap saji, bisa dipakai untuk : ayam, udang, ikan, cumi, tahu, tempe bahkan sayuran seperti : bayam, terong dan bawang bombai

5. Bagaimana cara pakai STB 80 gram ?

PERSIAPAN: 1. Bersihkan potongan ayam dengan air, kemudian tiriskan. 2. Buat adonan basah dengan melarutkan 1 sdm Sajiku Tepung Bumbu dengan 4 sdm air (air es lebih baik). 3. Sisa Sajiku Tepung Bumbu digunakan sebagai adonan kering. CARA PRAKTIS: 1. Celupkan potongan ayam ke dalam adonan basah hingga rata, tiriskan sebentar. 2. Gulingkan ke dalam adonan kering sambil diremas-remas hingga terbentuk kulit tepung yang keriting. Diamkan sebentar ( 5 menit). 3. Goreng dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan, dan sajikan

SAORI®


1. Apakah Saori Saus Tiram mengandung bahan pengawet ?

Ya, Saori Saus Tiram ditambahkan sedikit bahan pengawet, seperti halnya Kecap Manis dan Saus Sambal dimana fungsinya adalah untuk mencegah tumbuhnya mikroba & mempertahankan mutu produk selama masa penyimpanan. Bahan pengawet yang digunakan sudah dinyatakan aman oleh BPOM (Badan Pengawas Obat & Makanan)

2. Menu apa saja yang bisa dibuat dengan Saus Tiram?

SAORI Saus Tiram bisa digunakan untuk membuat menu tumisan yang biasa dibuat sehari-hari di rumah, seperti: tumis kangkung, oseng tempe kacang panjang, dan capcay. Selain tumisan, bisa juga digunakan untuk nasi goreng, mi goreng, dan ayam goreng. Ekstrak tiram aslinya mampu menghasilkan rasa gurih asin khas Oriental. Cara pakainya hampir sama dengan cara pakai kecap pada saat memasak. Dan untuk menambah variasi masakan, terdapat 11 koleksi menu di belakang kemasan sachet dan botol SAORI Saus Tiram yang dapat Ibu coba.

3. Apakah SAORI Saus Tiram bisa dimakan langsung ?

Fungsi Saus Tiram adalah sebagai bumbu untuk menambah aroma dan rasa gurih khas dari tiram pada masakan, sehingga membuat masakan menjadi lebih lezat. Kalau dimakan secara langsung ada aroma tiram yang kuat, tetapi kalau suka mengkonsumsi secara langsung,SAORI Saus Tiram aman untuk dikonsumsi.

4. Saus Teriyaki bisa digunakan untuk menu apa saja?

SAORI Saus Teriyaki bisa digunakan untuk membuat menu tumisan yang biasa dibuat sehari-hari di rumah, seperti: tumis tahu, suwir pindang tongkol, tumis kerang hijau, dan tumis cumi asin. Selain tumisan, bisa juga digunakan untuk sate, ayam bakar, dan jagung bakar. Paduan kecap ala Jepang dan rempah pilihannya mampu menyatu dengan bahan masakan, menghasilkan rasa gurih manis khas Oriental. Cara pakainya hampir sama dengan cara pakai kecap pada saat memasak . Dan untuk menambah variasi masakan sehari-hari di rumah, terdapat 8 koleksi menu di belakang kemasan sachet dan botol SAORI Saus Teriyaki yang dapat Ibu coba

5. Apa yang dimaksud dengan Teriyaki?

Teriyaki yaitu salah satu menu masakan Jepang yang disukai diseluruh dunia , Cara masaknya adalah ikan atau daging dipanggang sambil dioles-oles dengan kecap Jepang yang dicampur dengan bumbu lainnya dan hasil masakannya mengkilap, sehingga disebut Teriyaki, Teri = artinya mengkilap dan Yaki = artinya panggang.

MAYUMI®


1. Bentuk Mayonnaise seperti apa ?

Bentuknya seperti Saus , tapi lebih kental , lembut dan tidak keras.

2. Mayumi terbuat dari apa ?

Mayumi terbuat dari bahan-bahan berkualitas, seperti minyak nabati, kuning telur, cuka (bahan pengasam), dan penambahan bahan lainnya, misalnya : Gula, garam, rempah serta bahan tambahan pangan lainnya yang diizinkan

3. Selain digunakan untuk cocolan, apakah Mayumi juga bisa digunakan untuk jenis makanan yang lainny

Mayumi dapat digunakan untuk salad sayur/buah, roti sandwich dan sebagai isi/campuran makanan yang lainnya, seperti risoles isi mayonnaise, dll.

4. Bagaimana proses produksi Mayumi ?

Mayumi dibuat dengan cara mencampurkan minyak, cuka dan bahan-bahan lainnya. Proses produksi Mayumi memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah(BPOM/Badan Pengawas Obat & Makanan) dan dijamin kebersihan dan kehalalannya.

5. Apakah Mayumi mengandung bahan pengawet ?

Ya, Mayumi mengandung bahan pengawet, seperti produk saus dan kecap, dimana fungsinya adalah untuk mencegah tumbuhnya mikroba dan mempertahankan mutu produk selama masa penyimpanan. Adapun bahan pengawet yang digunakan sudah dinyatakan aman dan mendapat persetujuan oleh BPOM ( Badan Pengawas Obat & Makanan).

Copyright Ajinomoto© 2017 - All right reserved.

Scroll to Top