Jakarta, Oktober 2024 – PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) secara konsisten memastikan seluruh lini produknya untuk mendapatkan sertifikasi halal. Tidak hanya itu, Ajinomoto juga konsisten menerapkan Sistem Jaminan Halal (SJH) di seluruh pabriknya dalam melakukan proses produksi. Dengan komitmen dan konsistensi tersebut, dua brand milik PT AJINOMOTO INDONESIA, yakni Masako® & SAORI® mendapatkan penghargaan TOP Halal Award 2024 yang diselenggarakan oleh Indonesia Halal Training & Education Center (IHATEC) Marketing Research.
“Saya mewakili seluruh jajaran manajemen beserta karyawan Grup Ajinomoto Indonesia mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas kepercayaan dan apresiasi yang diberikan oleh seluruh keluarga Indonesia melalui penganugerahaan Top Halal Award 2024. Kami menyampaikan terima kasih yang besar kepada keluarga di Indonesia yang tetap setia dengan produk-produk kami. Penghargaan ini merupakan bukti bahwa Ajinomoto mampu menjaga amanat untuk menjaga kehalalan produk. Upaya yang kami lakukan selama ini merupakan wujud komitmen perusahaan dalam menyediakan produk yang lezat, berkualitas tinggi, dan dapat dipercaya konsumen. Penghargaan ini sangat berarti bagi kemajuan Manajemen Halal kami dan memberikan motivasi serta kebanggaan bagi perusahaan untuk terus memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat akan produk makanan yang aman dan halal yang menjadi prioritas utama kami,” ujar Ir. Hermawan Prajudi, Direktur PT AJINOMOTO INDONESIA.
“Kami akan terus melakukan inovasi berkelanjutan dengan tetap mematuhi peraturan lainnya yang ditetapkan pihak regulator, sehingga implementasi jaminan halal di masa depan tetap terjaga guna memberikan produk yang baik untuk seluruh keluarga di Indonesia,” lanjutnya.
TOP Halal Award 2024 oleh IHATEC Marketing Research diselenggarakan dalam rangka apresiasi terhadap seluruh brand yang berhasil meraih posisi teratas citra halal terbaik berdasarkan survei Top Halal Index.
“TOP Halal Award diadakan bertujuan untuk mengapresiasi brand-brand perusahaan di kalangan konsumen Indonesia. Jadi penghargaan ini bukan kami yang menilai, tapi berdasarkan hasil survei Top Halal Index,” ungkap Evrin Lutfika S.Tp, M.TPn, Direktur IHATEC Marketing Research, di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Rabu (16/10/2024).
“Tema tahun ini adalah ‘Building Halal Brand to Capture Global Market’. Untuk tahun ini, ada ribuan brand yang berkompetisi untuk meraih predikat TOP Halal, sekitar 300 brand berhasil meraih predikat TOP Halal. Namun, hanya 52 produk Indonesia yang meraih penghargaan TOP Halal Award 2024,” lanjutnya.
Ibu Ceria Graselda dan Ibu Eurli Prameswari - Department Manager PT Ajinomoto Indonesia
(Menerima sertifikat & trofi penghargaan dari Ibu Evrin Lutfika S.Tp, M.TPn, Direktur IHATEC Marketing Research)
Dalam penilaian award tahun ini, IHATEC melakukan survei Top Halal Index yang dilakukan di enam kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Balikpapan dengan melibatkan 1.700 responden yang sebagian besar dari kalangan milenial, terdiri dari 87 persen responden muslim dan 13 persen responden non-muslim. Survei tersebut dilakukan pada bulan Juni hingga Juli 2024 dengan menggunakan metode face to face interview.
Konsumen ditanyakan secara langsung akan brand halal yang ada di benak konsumen dalam setiap kategori produk tanpa diberi pilihan jawaban, benar-benar merek produk halal yang melekat di benak konsumen. Tak hanya itu, survei ini juga berisi tentang perilaku dan persepsi Milenial Indonesia terhadap produk halal, halal brand awareness, last usage halal brand, future intention halal brand, Top Halal Index, brand switching analysis, conversion rate analysis, dan lainnya.