Environment

Tingkatkan Pengelolaan Sampah, Ajinomoto & Rekosistem Jalin Kerjasama dengan Pemerintah Kota Mojokerto

Diterbitkan oleh Author Ajinomoto pada 20 May 2024

Mojokerto, Mei 2024 – PT Ajinomoto Indonesia (Ajinomoto) & Rekosistem (PT Khazanah Hijau Indonesia) resmi melakukan penandatanganan kerjasama strategis bersama Pemerintah Kota Mojokerto, guna meningkatkan pengelolaan sampah khususnya di Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Magersari – Mojokerto, Jawa Timur. Selain Ajinomoto, beberapa perusahaan konsorsium Jepang yang berada di bawah naungan Japan Clean Ocean Material Alliance (CLOMA) juga ikut terlibat dalam kerjasama ini.

Menurut Pejabat (Pj) Walikota Mojokerto, Mohammad Ali Kuncoro, berdasarkan data dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup pada tahun 2022, Provinsi Jawa Timur menduduki peringkat ke-2 di Indonesia sebagai penghasil sampah terbesar dengan total produksi sampah mencapai ± 5 juta ton. Kota Mojokerto sendiri menghasilkan sampah 82 ton per hari, dan pada 2022 Kecamatan Magersari menjadi penyumbang sampah terbesar di Kota Mojokerto. Untuk memecahkan isu ini diperlukan langkah konkret antara pihak swasta dan pemerintah dalam mengelola sampah di tingkat lokal.

Inisiatif ini sejalan dengan salah satu visi Grup Ajinomoto Indonesia yaitu untuk mengurangi dampak lingkungan dari aktivitas bisnis Perusahaan. Ini merupakan salah satu aksi konkrit yang diwujudkan dalam bentuk kerjasama bersama Rekosistem dan Pemerintah Kota Mojokerto, melalui peningkatkan pengelolaan sampah di kawasan. Melalui kerjasama antara Ajinomoto, Rekosistem, dan Lembaga Pemerintah, diharapkan dapat menjadi satu langkah besar dalam perjalanan menuju pengelolaan sampah yang lebih efektif dan ramah lingkungan di Kota Mojokerto.

Melalui bantuan Rekosistem yang memiliki aplikasi berbasis digital, beberapa teknologi seperti sensor khusus dan Integrated Machine Learning akan diimplementasikan di TPST Magersari untuk mengumpulkan data, meningkatkan daur ulang, melaporkan data yang lebih komprehensif, serta melakukan pemantauan secara real-time, guna meningkatkan analisa dan optimalisasi sistem dalam pengelolaan sampah.

Kolaborasi antara Ajinomoto, perusahaan konsorsium di bawah naungan Japan Clean Ocean Material Alliance (CLOMA), Rekosistem, dan Pemerintah Kota Mojokerto, menjadi contoh nyata bagaimana sinergi antara lintas sektor menjadi kunci utama dalam mencapai target Net Zero Emission Indonesia melalui pengurangan emisi karbon dengan pengelolaan sampah berbasis ekonomi sirkular.


Artikel Terkait