Itulah penggalan ungkapan dari Dr. Kikunae Ikeda, ilmuwan Jepang yang menemukan rasa UMAMI lebih dari seabad yang lalu. Ikeda menemukan bahwa komponen utama dari rasa umami adalah asam glutamat, salah satu asam amino. Ambisi Ikeda saat itu adalah untuk memperbaiki status gizi di Jepang, dan keinginannya “untuk membuat makanan sederhana menjadi lebih lezat,” yang membawa pada penemuan bumbu UMAMI AJI-NO-MOTO® untuk meningkatkan kelezatan pada makanan.

Ide original ini menyebar ke seluruh dunia.

Dunia sekarang memiliki berbagai tantangan terkait pangan dan setiap negara memiliki kondisi yang berbeda-beda, seperti kekurangan gizi dan kelebihan gizi.

Disinilah peranan dari ide kami “Dengan pemahaman yang kuat tentang kebiasaan diet dan gizi dari masing-masing negara, untuk memberikan kelezatan yang mendukung kesehatan sehari-hari.”

Makan tidak hanya memberi makanan bagi tubuh tetapi juga bagi pikiran. Makanan yang dibuat untuk anggota keluarga dapat memperkaya kehidupan, dan makan bersama keluarga di meja makan dapat mempererat ikatan antar keluarga.

Keinginan kami untuk menciptakan kesenangan memasak dan makan bersama, dan membangkitkan vitalitas tubuh keesokan harinya.

Diluar makanan, pengetahuan terkait asam amino dapat membuat hidup lebih nyaman.

Contohnya: asam amino untuk otot guna mendukung para orang tua yang memiliki masalah terkait berkurangnya kekuatan otot, dan juga meningkatkan kinerja para atlet.

Telah terbukti bahwa asam amino dapat meningkatkan kualitas tidur. Dalam beberapa tahun terakhir, produk dan layanan yang kami tawarkan telah meningkat ke berbagai bidang seperti peningkatan kualitas tidur karena kami terus memperluas potensi dari asam amino.

Kami menghadapi setiap masalah yang beragam di seluruh dunia satu per satu, langsung, dengan terus melakukan penelitian, melakukan trial berulang kali dan setiap hari belajar untuk menyelesaikan masalah yang ada.

“Untuk mewujudkan kesehatan yang lebih besar bagi orang-orang di seluruh dunia.” Itulah Misi dari Ajinomoto Group, dan kami akan terus berupaya agar Misi tercapai.


Perjalanan Sejarah

Ajinomoto Indonesia Group yang merupakan bagian dari Perusahaan Global Ajinomoto Group telah hadir di Indonesia sejak 1969. Saat ini memiliki 2 pabrik di Mojokerto dan Karawang (KIIC). Ajinomoto Indonesia Group terdiri dari PT Ajinomoto Indonesia, PT Ajinomoto Sales Indonesia, dan PT Ajinex International. Saat ini, PT Ajinomoto Sales Indonesia memiliki 4 kantor cabang penjualan yaitu di Jakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Dr. Kikunae Ikeda (Professor dari Universitas Tokyo) memperoleh paten untuk memproduksi Monosodium Glutamate (MSG) sebagai bumbu rasa umami (gurih)
Saburosuke Suzuki II pertama kali menjual bumbu umami AJI-NO-MOTO®. Mulai dipasarkan pada tanggal 20 Mei 1909
PT Ajinomoto Indonesia berdiri pada bulan Juli 1969
Pabrik Mojokerto dibangun dan mulai memproduksi AJI-NO-MOTO® secara lokal
MSG dinyatakan kembali sebagai bahan tambahan pangan yang aman oleh US FDA
Departemen Industri memulai kegiatan operasionalnya, dan produk AJI-PLUS® diluncurkan
PT AJINEX® Internasional berdiri
Brand Masako® mulai diluncurkan dan dipasarkan
PT Ajinomoto Sales Indonesia berdiri
Brand Sajiku® mulai diluncurkan dan dipasarkan
Brand SAORI® mulai diluncurkan dan dipasarkan
Departemen HOREKA berdiri dan mulai memperkuat bisnis HOREKA
Perluasan PLUS series untuk bisnis industri olahan udang dengan merilis EBIPLUS®
Kantor Pusat PT Ajinomoto Indonesia Grup Berdiri
Perluasan PLUS series untuk bisnis industri dengan merilis NERIPLUS® untuk olahan ikan
Dapur Umami hadir melengkapi keluarga Indonesia dengan resep lezat dan bergizi yang tersedia di platform digital dan komunitas memasak
Brand Mayumi® diluncurkan dan dipasarkan
Pabrik Ajinomoto Karawang mulai beroperasi dan memproduksi Masako®
Produk industri AJI-PLUS® EKICHO yang memiliki kegurihan 3 kali lebih kuat dari MSG diluncurkan
DASHIPLUS® dirilis untuk industri snack dan olahan daging
Produk AMAMIPLUS® & BAKSOPLUS® diluncurkan
AJINOMOTO BAKERY INDONESIA berdiri dan memulai bisnis frozen bread
Brand Yum Yum dan Delito diluncurkan
Birdy® diluncurkan dan memulai bisnis minuman bubuk
Ajinomoto Visitor Center hadir di Pabrik Ajinomoto Karawang sebagai penghubung Grup Ajinomoto Indonesia dengan berbagai komunitas
Peluncuran Ajinomoto® Gyoza untuk pasar B2B
Produk industri memasarkan PILIPLUS®, produk meningkatkan dan menjaga keseimbangan rasa pedas untuk industri
Virtual Tour 360 Ajinomoto Visitor Center resmi dirilis ditengah pandemi Covid-19
Turut berkontribusi untuk keberlanjutan lingkungan, AJI-NO-MOTO® kemasan kertas dirilis dan mendapatkan rekor MURI untuk Produk MSG Pertama dengan Kemasan Ramah Lingkungan
aminoVITAL®, minuman jeli asam amino rasa apel yang merupakan Sport Drink No.1 di Jepang mulai dipasarkan di Indonesia
GARLICOPLUS®, bumbu rasa bawang putih yang diproduksi menggunakan bahan kunci unik dengan teknologi terbaru Ajinomoto untuk meningkatkan rasa bumbu dan kokumi kelezatan, resmi dipasarkan
Produk NIKUPLUS® diluncurkan untuk mendukung industri Horeka
Untuk pertama kalinya, Ajinomoto Indonesia merilis produk bumbu terasi bubuk AJINOMOTO Terasi Udang
Masako® Bumbu Kaldu Rasa Jamur dibuat dengan 3 jenis jamur pilihan, jamur shitake, jamur kancing, dan jamur tiram yang menghasilkan rasa dan aroma kaldu jamur lezat serta rasa gurih yang pas. Cocok untuk melezatkan masakan berbahan sayur dan seafood serta masakan lainnya secara praktis.
Sajiku® Tepung Bumbu Menyerap Minyak Lebih Sedikit* terbuat dari bahan pilihan berkualitas yaitu tepung terigu, tepung tapioka modifikasi, dan rempah-rempah lainnya yang dikombinasikan secara tepat.
KALDOPLUS® adalah bumbu kaldu cair rasa ayam, dapat melezatkan makanan dengan mudah dan praktis. Dapat digunakan sebagai base kaldu seperti kaldu buatan sendiri dan bumbu penyedap cair pada masakan.
AJINOMOTO® Beef Extract Powder Seasoning (Bumbu Ekstrak Daging Sapi) merupakan bumbu yang dibuat dengan perpaduan ekstrak daging berkualitas dan bumbu rempah pilihan. Memberikan hidangan yang lezat dengan rasa dan aroma kaldu sapi yang kuat. Sehingga dapat mendukung para pelaku bisnis kuliner berinovasi menciptakan hidangan yang istimewa.

MISI

Kami berkontribusi untuk kebahagiaan semua pemangku kepentingan melalui solusi kami yang berfokus pada Kelezatan, Kesehatan, dan Kualitas yang Tinggi dengan asas keberlanjutan.

VISI

Kami akan menjadi perusahaan makanan No.1 di Indonesia yang ramah terhadap lingkungan global dan memberikan kesejahteraan dan senyuman melalui produk dan layanan yang melebihi ekspektasi pelanggan.

Jakarta

Jl. Laksda Yos Sudarso No. 77-78
Sunter, Jakarta Utara 14350

Tel: (021) 653 04455 (hunting)
Fax: (021) 653 04441

Lihat Peta

Surabaya

Jl. Raya Kletek No. 98
Taman, Sidoarjo - Jawa Timur 61257

Tel: (031) 788 8764 (hunting)
Fax: (0321) 788 8765, 787 8972

Lihat Peta

Medan

Jl. Medan - Binjai Km. 13,2 No.3
Diski - Medan 20351

Tel: (061) 846 8642 (hunting)
Fax: (061) 846 8594, 846 8023

Lihat Peta

Makassar

Pergudangan Pattene 88 Cluster Green Park Blok A2 Nomor 2A dan 6, Kel/Desa Temmappaduae, Kec. Marusu, Kab. Maros
Kab. Maros, Provinsi Sulawesi Selatan

Tel: (0411) 483 9195 (hunting)
Fax: (0411) 472 0600 (hunting)

Lihat Peta

PT Ajinomoto Indonesia - Mojokerto
PT Ajinomoto Indonesia - Karawang
PT Ajinex International - Mojokerto

PT Ajinex International - Mojokerto

Pencapaian Grup Ajinomoto

Grup Ajinomoto Indonesia berkomitmen untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas adalah muslim. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilan menjadi produsen MSG pertama di Indonesia yang memperoleh Sertifikat Sistem Jaminan Halal (SJH), sebuah pencapaian tertinggi dalam sistem Manajemen Halal. Seluruh produk kami juga telah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).