Berita

Upaya Ajinomoto untuk Ciptakan Bisnis yang Ramah Lingkungan

Diterbitkan oleh Author Ajinomoto pada 12 June 2024

Jakarta, Juni 2024 – Dalam upaya untuk terus berkontribusi memperpanjang harapan hidup sehat & menciptakan bisnis yang ramah lingkungan, Grup Ajinomoto Indonesia mempunyai inisiatif keberlanjutan melalui Health Provider, yang berfokus pada kesehatan manusia dan kelestarian lingkungan. Seluruh karyawan pun bertransformasi menjadi Health Provider, yang bukan hanya mengimplementasikan inisiatif di bidang kesehatan dan kelestarian lingkungan untuk diri sendiri, tapi juga bisa membagikannya kepada masyarakat sekitar. Transformasi seluruh karyawan menjadi Health Provider merupakan salah satu upaya perusahaan dalam memperpanjang harapan hidup sehat masyarakat Indonesia, dan pengurangan dampak lingkungan seiring dengan visi perusahaan di 2030. 


“Kami, sebagai Health Provider Ajinomoto tergerak untuk turut serta mengurangi dampak lingkungan dan menciptakan aktivitas bisnis yang ramah lingkungan. Misalnya, Health Provider di pabrik kami yang berada di Mojokerto dan Karawang, giat melakukan berbagai aktivitas guna menekan jumlah limbah (waste) hasil produksi dan memanfaatkannya menjadi produk bernilai ekonomis yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Beberapa upaya lain pun dilakukan di area pabrik Ajinomoto, seperti mengurangi emisi karbon, dan meningkatkan efisiensi penggunaan air pada proses produksi. Selain itu, salah satu brand kami Masako® juga ikut berpartisipasi dalam pengurangan plastik melalui inisiatif pengurangan penggunaan plastik pada bagian header part serta menghilangkan plastik inner part, produk kami yang lain – MSG AJI-NO-MOTO® meluncurkan produk dengan kemasan kertas yang dapat membantu pengurangan material plastik hingga 30%. Selain itu Ajinomoto juga melakukan praktik ekonomi sirkuler melalui pembuatan produk samping (co-products) dari proses pembuatan MSG menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi seperti AJIFOL & AMINA, yang mempunyai nilai jual di masyarakat. Kemudian yang terbaru adalah pengoperasian bio-mass boiler yang menggunakan wood pellet, limbah pertanian dan perkebunan sebagai bahan bakar pengganti batu bara, sehingga emisi karbonnya lebih ramah lingkungan. Pabrik kami juga mulai memanfaatkan tenaga surya dan melakukan pemanenan air hujan (rain harvesting) untuk membantu penghematan energi dalam aktivitas produksi,” papar Grant Senjaya Head of Corporate Communications PT AJINOMOTO INDONESIA.  

 



Ajinomoto juga bekerjasama dengan Rekosistem dalam penyediaan fasilitas waste station di Pasar Sememi – Surabaya, sebagai upaya untuk meningkatkan pengelolaan dan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam mengelola sampah plastik. 


Bertepatan dengan momen Hari Lingkungan Hidup Sedunia di bulan Juni 2024 ini, Ajinomoto ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan, dimulai dari hal yang dekat dengan keseharian kita seperti memilah sampah plastik di tempat-tempat yang telah banyak disediakan, supaya dapat membantu pihak terkait dalam proses pengelolaan dan daur ulang.


Melalui langkah-langkah tersebut, Ajinomoto dengan Health Provider berharap dapat menginspirasi banyak pihak untuk melakukan gerakan lainnya yang bertujuan menjaga kelestarian lingkungan. Ajinomoto berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, dengan meningkatkan harapan hidup sehat keluarga Indonesia melalui produk dan layanan yang berkualitas tinggi, serta menciptakan bisnis yang ramah lingkungan. 


Aktivitas ramah lingkungan yang dilakukan oleh Ajinomoto Indonesia dapat dilihat melalui official youtube channel Ajinomoto.Indonesia: (https://www.youtube.com/@ajinomoto.indonesia/videos).



Artikel Terkait